Fiat Chrysler dan Peugeot resmi merger


Kamis, 21 Januari 2021 | 00:00 WIB | dilihat

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Fiat Chrysler dan Peugeot SA menyelesaikan merger.



Keduanya sepakat menggunakan nama baru, Stellantis, grup otomotif terbesar keempat di dunia dan akan menjadi pesaing terberat bagi Toyota dan Volkswagen.



Butuh lebih dari satu tahun bagi produsen mobil asal Italia-Amerika dan Prancis itu menyelesaikan kesepakatan bernilai US$ 52 miliar. Kesepakatan itu molor karena ekonomi global terhambat oleh pandemi.



Mereka pertama kali mengumumkan rencana bergabung pada Oktober 2019. Dengan penggabungan itu, grup otomotif tersebut bisa mencatatkan penjualan sekitar 8,1 juta kendaraan.



Saham Stellantis, mulai diperdagangkan di Milan dan Paris pada 18 Januari 2021. Sementara di New York pada 19 Januari.



Sekarang para analis dan investor sedang mengamati bagaimana strategi CEO PSA Carlos Tavares untuk menghadapi tantangan di tengah kelebihan kapasitas produksi hingga penurunan kinerja di China.



FCA dan PSA mengatakan Stellantis dapat memangkas biaya tahunan lebih dari 5 miliar euro atau setara US$ 6,1 miliar tanpa penutupan pabrik. Diperkirakan investor akan tertarik untuk berinvestasi.



Sama dengan produsen mobil global lainnya, Stellantis perlu berinvestasi miliaran dollar pada tahun-tahun mendatang untuk mengubah jangkauan kendaraan listrik.



#KontanTv #FiatChrysler #Peugeot #Stellantis



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved