Impor Batu Bara China dari Rusia Meningkat ke Level Tertinggi dalam Delapan Bulan di Bulan Mei


Jumat, 21 Juni 2024 | 20:00 WIB | dilihat
KONTAN - https://www.kontan.co.id/

Impor batu bara Rusia ke China dilaporkan terus melonjak ke level tertinggi dalam delapan bulan terakhir pada bulan Mei. Lonjakan ini terjadi setelah Moskow menangguhkan bea ekspor, data resmi menunjukkan pada hari Kamis.

Ekspor batu bara Rusia ke China naik menjadi 9,1 juta metrik ton pada Mei, menurut data administrasi bea cukai China. Angka tersebut naik 1,5% dibandingkan dengan tahun lalu dan merupakan level tertinggi sejak September.

Pengapalan diperkirakan akan meningkat dalam jangka pendek setelah Rusia menangguhkan bea ekspor selama Mei hingga Agustus, kata asosiasi industri batu bara China bulan lalu.

Pengiriman China dari Australia naik 24% menjadi 6,7 juta ton bulan lalu.

Angka tersebut turun dari 7,19 juta ton pada April, level tertinggi sejak Juli 2020 - tepat sebelum China menerapkan larangan informal selama bertahun-tahun pada impor batu bara Australia.

Impor dari Mongolia, sebagian besar batu bara kokas, melonjak 59% pada tahun lalu bulan lalu menjadi 7,23 juta ton, diuntungkan oleh logistik lintas batas yang lebih baik dan kekurangan produksi batu bara kokas dalam negeri.

Indonesia, pemasok batu bara terbesar China, mengirimkan 16,97 juta ton pada Mei, turun 7% dari tahun sebelumnya.

Impor batu bara China secara keseluruhan naik 11% dibandingkan dengan Mei tahun sebelumnya, didorong oleh penurunan 3% dalam produksi domestik selama Januari-Mei.

#kontantv #kontannews #kontan #rusia #china #ekspor #impor #batubara
_____________________
Instagram: https://www.instagram.com/kontannews/
Facebook: https://www.facebook.com/kontannews/
Twitter: https://www.twitter.com/kontannews/

Video Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved