Yuk cermati hasil perombakan indeks LQ45, IDX 30, dan IDX80


Rabu, 28 Juli 2021 | 09:00 WIB | dilihat

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengubah susunan saham anggota dalam tiga indeksnya, yaitu IDX30, LQ45, dan IDX80. Susunan saham dalam indeks ini akan mulai berlaku pada 2 Agustus 2021 hingga Januari 2022.

Berdasarkan hasil evaluasi, BEI mengeluarkan dua saham dari indeks LQ45, yaitu PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS) dan PT Ciputra Development Tbk (CTRA). BEI mengganti keduanya dengan PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan PT Timah Tbk (TINS).

Di indeks IDX30, BEI mengeluarkan 4 saham. Sedangkan di IDX80, BEI mengganti 8 saham anggota indeks. BEI menyebut, saham-saham yang berada di jajaran IDX30, LQ45, dan IDX80 adalah saham dengan likuiditas baik dan fundamental solid.



Saham Baru dan Keluar dari Jajaran Indeks

Indeks Masuk Keluar

IDX30 BRPT BTPS

INCO INTP

MIKA MNCN

TINS PWON



LQ45 BRPT BTPS

TINS CTRA



IDX80 ADHI BDMN

AMRT BULL

ASRI PNLF

ASSA PPRE

BFIN PSAB

BRPT SSMS

HRUM WEGE

ISAT WSBP



Kepala Riset Henan Putrihrai Sekuritas Robertus Yanuar Hardy mengatakan, terdapat 2 kriteria saham bisa masuk atau keluar dari indeks. Pertama, aspek likuiditas, meliputi nilai transaksi frekuensi transaksi, jumlah hari transaksi di pasar reguler, dan kapitalisasi pasar free float.

Kedua, aspek fundamental, seperti kinerja keuangan hingga kepatuhan. "Artinya, CTRA dan BTPS tidak sebaik BRPT dan TINS dalam memenuhi dua kriteria tersebut," terang Robertus.

Sementara Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengungkapkan tingginya nilai transaksi bukan indikator fundamental si emiten. Volume transaksi, kata Wawan antara lain dipengaruhi perubahan free float.



#KontanTv #PerombakanIndeks #SahamJajaranIndeks



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved