Warren Buffett: Hindari aset racun tikus!


Senin, 18 Januari 2021 | 21:22 WIB | dilihat

Kenaikan harga Bitcoin yang gila-gilaan di tahun 2020 membuat makin banyak investor tergiur untuk mencoba. Tapi untuk Warren Buffett, Bitcoin sama seperti "racun tikus". Ia juga mengatakan tidak akan pernah berinvestasi di dalamnya.



Melansir The Motley Fool, ini bukan pertama kalinya investor kawakan itu mengkritik mata uang kripto. Akan tetapi, pernyataannya kali ini kemungkinan merupakan pernyataan yang paling tajam dari yang pernah ada.



Warren Buffett dan mitranya Charlie Munger telah mencela kripto selama bertahun-tahun. Munger, khususnya, sangat kritis dengan melihat semua aset kripto sebagai penipuan.



Ketika Warren Buffett menyebut Bitcoin sebagai "racun tikus", ia menilai Bitcoin adalah aset yang "menggelembung" tanpa nilai intrinsik.



Dalam wawancara dengan CNBC 2018, Buffett mengatakan akan menggunakan 5 tahun untuk setiap cryptocurrency. Jadi, menurutnya sebagian besar aset ini akan runtuh nilainya secara besar-besaran.



Untuk mengevaluasi klaim tersebut, The Motley Fool membandingkan Bitcoin dengan gelembung masa lalu yang runtuh, yakni: Tulipmania dan South Sea Bubble. Keduanya merupakan contoh klasik dalam sejarah maniak keuangan dan sering dibandingkan dengan Bitcoin.



Garis waktu untuk gelembung Tulipmania dari tahun 1636 hingga 1637, atau satu tahun. Sedangkan South Sea Bubble, dari tahun 1711 hingga 1720, atau dalam kurun waktu 9 tahun, dengan ayunan harga paling jelas terjadi pada 1720.



Dua gelembung yang paling sering dibandingkan dengan Bitcoin jauh lebih pendek daripada kenaikan Bitcoin yang berlangsung selama 11 tahun.



The Motley Fool menulis, berdasarkan perbandingan di atas, tampaknya Bitcoin bukanlah aset "gelembung" spekulatif seperti yang dipikirkan oleh Warren Buffett.



Gelembung sering kali didefinisikan sebagai "kenaikan harga jangka pendek yang cepat yang didorong oleh spekulatif".



Kenaikan jangka panjang Bitcoin tidak memenuhi setidaknya satu dari kriteria, yaitu "jangka pendek".



Menurut artikel Cointelegraph Desember 2020, Bitcoin memiliki return mencapai 8.900.000% dari awal hingga tanggal itu. Inilah salah satu return terbaik dari aset apa pun dalam sejarah peradaban, dan tampaknya akan terus berlanjut tahun ini.



#KontanTv #WarrenBuffett #CharlieMunger #Bitcoin



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved