Menteri Angkatan Udara AS: China Bersiap Perang dengan AS


Rabu, 13 September 2023 | 17:31 WIB | dilihat
Pada Senin (11/9/2023), Menteri Angkatan Udara AS Frank Kendall memperingatkan bahwa China sedang membangun militernya untuk mempersiapkan potensi perang dengan AS.

Dia mengatakan, Amerika harus mengoptimalkan pasukannya untuk melawan peningkatan ancaman.

Mengutip The Hill, Kendall mengatakan AS harus siap menghadapi jenis perang yang belum pernah dialami sebelumnya, meskipun ia menekankan perang tidak bisa dihindari.

“Tugas kita adalah mencegah perang itu dan siap menang jika hal itu terjadi,” kata Kendall.

Dia menambahkan, “Kita semua berbicara tentang fakta bahwa Angkatan Udara dan Luar Angkasa harus berubah, atau kita akan gagal mencegahnya dan bahkan mungkin kalah perang.”

Kendall mengatakan, sangat penting untuk mempersiapkan perang karena China sedang mengembangkan pasukannya dengan pesat dan telah menciptakan dua cabang militer baru.

Pertama, kekuatan yang dirancang untuk melawan kapal induk, lapangan terbang, dan aset penting lainnya, dan layanan dukungan strategis yang berupaya mencapai tujuan perang.

Kedua, dominasi informasi di ruang angkasa dan domain siber.

Kendall juga menjelaskan, China telah mengoptimalkan kembali kekuatannya untuk menghadapi persaingan kekuatan besar dan untuk menang melawan AS di Pasifik Barat selama lebih dari 20 tahun.

“China telah membangun kemampuan militer yang dirancang khusus untuk mencapai tujuan nasional mereka dan melakukan hal tersebut jika ditentang oleh Amerika Serikat,” tambahnya.

Hubungan AS-Tiongkok telah mencapai titik terendah di tengah meningkatnya ketegangan mengenai negara kepulauan Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Namun, secara historis, Taiwan dianggap oleh Beijing sebagai bagian dari China daratan.

Amerika telah memperingatkan bahwa Presiden China Xi Jinping mungkin akan merebut pulau itu dengan kekerasan jika diperlukan.

Sementara, Presiden AS Joe Biden telah berulang kali mengatakan bahwa Amerika akan mengirim pasukan untuk membantu mempertahankan pulau itu dalam skenario seperti itu.

Washington memelihara hubungan informal dengan Taiwan dan telah memberikan persenjataan canggih kepada negara tersebut.

Kendall bergabung dengan pejabat Pentagon dan militer AS lainnya dalam memperingatkan potensi perang dengan China, yang mungkin terjadi pada dekade ini.

Mengutip Fox News, Kendall berspekulasi bahwa militer AS belum pernah menghadapi militer terorganisir negara lain sejak 11 September 2001, karena telah terfokus dan disesuaikan dengan peperangan asimetris melawan organisasi teroris.

Namun, dia menekankan bahwa perang tidak bisa dihindari dan menganjurkan pencegahan sebagai prioritas di tahun-tahun mendatang.

#kontantv #amerika #china #perang #taiwan

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved