Dosis Konsumsi Air Lemon untuk Detoksifikasi dan Mencegah Batu Ginjal I KONTAN News


Jumat, 06 Oktober 2023 | 18:29 WIB | dilihat
Pernahkah Anda melakukan diet khusus untuk menjaga kesehatan ginjal?

Ginjal merupakan organ yang memiliki peran penting dalam sistem metabolisme tubuh.

Mengutip dari FOOD NDTV, ginjal bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu mengeluarkan racun dan limbah dari dalam tubuh melalui urin.

Memiliki tugas yang penting, setiap orang wajib menjaga kesehatan ginjal agar bisa berfungsi dengan maksimal.

Selain menjalankan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan, minum air dalam jumlah cukup setiap hari bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Hasil sebuah meta analisis tahun 2015 dari National Kidney Foundation menunjukkan bahwa orang yang memproduksi dua sampai dua setengah liter urin setiap hari memiliki kemungkinan 50% lebih kecil terkena batu ginjal dibandingkan orang yang memproduksi urin lebih sedikit.

Untuk menghasilkan jumlah urin tersebut, seseorang harus minum air sekitar 8-10 gelas air atau setara dengan dua liter air setiap hari.

Laporan tersebut lebih lanjut menyatakan jus lemon atau air lemon merupakan minuman lain yang juga bisa membantu mendetoksifikasi ginjal dengan baik.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa minum setengah cangkir konsentrat jus lemon yang diencerkan dalam air setiap hari atau jus dari dua buah lemon bisa meningkatkan sitrat urin dan kemungkinan mengurangi risiko batu ginjal," kata Brian Eisner, direktur program batu ginjal Rumah Sakit Umum Massachusetts yang berafiliasi dengan Harvard.

#kontantv #tipskesehatan #batu #ginjal #lemon #buah

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved