Sri Mulyani beberkan tantangan bagi Indonesia untuk jadi negara maju di 2045


Rabu, 18 November 2020 | 18:21 WIB | dilihat

Pemerintah mempunyai visi agar Indonesia masuk dalam jajaran negara maju di tahun 2045. Kendati demikian Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan ada sederet tantangan yang perlu dihadapi oleh Indonesia.



Menurut Sri Mulyani, ada lima syarat agar cita-cita Indonesia bisa tercapai di 2045. Pertama, infrastruktur yang memadai, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Sehingga dapat mendorong aktivitas ekonomi yang berkelanjutan.



Kedua, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, punya karakter yang kuat, serta skill yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Oleh karenanya, reformasi di bidang pendidikan perlu dijunjung tinggi.



Ketiga, kesiapan adopsi teknologi. Prasyarat ini akan sejalan dengan misi pemerintahan saat ini yang bakal mengembangkan sistem Information And Communication Technology (ICT).



Keempat, perencanaan kewilayahan yang memadai, komprehensif, dan matang. Ini akan sejalan dengan pembangunan infrastruktur.



Kelima, ekonomi dan sektor keuangan Indonesia mesti sustainable, kredibel, maju, dan sehat. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus tetap baik dijaga meski menghadapi tekanan.



#KONTANTV #SriMulyani #Menkeu



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved