YouTube Tantang TikTok untuk Iklan Shorts


Kamis, 22 September 2022 | 09:01 WIB | dilihat

Tak mau kalah dengan Tiktok, YouTube meluncurkan cara baru menghasilkan uang untuk pembuat konten video berdurasi pendek.



Dilansir dari Reuters, layanan streaming milik Google ini memperkenalkan iklan untuk video Shorts dan memberikan 45% dari pendapatannya kepada pembuat video.



Lebih kecil dibandingkan dengan tingkat distribusi standarnya sebesar 55% untuk video di luar Shorts.



Penata rambut yang beralih menjadi kreator YouTube, Kris Collins yang dikenal dengan Kallmekris, memuji YouTube karena menawarkan bagi hasil untuk Shorts.



"YouTube mengambil pendekatan yang berbeda. Mereka membantu pembuat konten membuat berbagai hal dalam berbagai format," tutur Kallmekris.



Situs video yang mendominasi internet ini terus berjuang untuk bersaing dengan TikTok, aplikasi yang memulai hosting video lip-sync, dance, dan sekarang penggunanya sudah mencapai 1 miliar per bulan.



Akhir 2020, YouTube merespons dengan video pendek berdurasi satu menit yang menarik lebih dari 1,5 miliar pengguna bulanan.



Pada April lalu, YouTube menggalang dana US$100 juta untuk memikat bakat-bakat para pembuat konten.



Google menghasilkan US$ 14,2 miliar dalam penjualan iklan YouTube selama paruh pertama tahun ini, naik 9% dari periode yang sama tahun lalu.



Namun penjualan iklan YouTube di kuartal 3 ini mencerminkan pertumbuhan paling lambat sejak data mulai diungkapkan tiga tahun lalu.



Meskipun faktor ekonomi global berperan, para analis keuangan memperkirakan TikTok juga menjadi salah satu faktornya.



#Shorts #Youtube #Tiktok



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved