Menghilang dari Hadapan Publik, Rupanya Ini yang Terjadi pada Menhan China


Senin, 18 September 2023 | 15:56 WIB | dilihat
Jenderal Li Shangfu, seorang veteran dalam upaya modernisasi militer China, naik pangkat menjadi menteri pertahanan pada tahun 2023.

Namun, hanya dalam kurun waktu enam bulan, ia menghilang dari hadapan publik.

Kabar terkini, Li tengah diselidiki atas kasus korupsi.

Melansir Reuters, Jenderal Li menjadi terkenal di bawah kebijakan penguatan militer oleh Presiden Xi Jinping selama satu dekade berkuasa, saat hubungan China dengan Amerika Serikat memburuk karena berbagai masalah termasuk Taiwan.

Namun, bagian dari upaya Xi untuk meningkatkan kekuatan tempurnya adalah memberantas korupsi yang telah lama menjangkiti militer China dan lembaga-lembaga negara lainnya.

Sebelumnya, Jenderal Li merupakan seorang pemimpin pengembangan ruang angkasa dan perang siber China dan kemudian menjabat sebagai kepala pengadaan militer.

Kemudian, dia diangkat menjadi menteri pertahanan pada bulan Maret.

Namun, dia menghilang dari pandangan publik pada bulan Agustus dan melewatkan pertemuan-pertemuan penting, termasuk dengan setidaknya satu mitra asing.

Reuters melaporkan pada hari Jumat lalu bahwa Jenderal Li sedang diselidiki dalam sebuah penyelidikan yang luas atas pengadaan peralatan militer.

Reuters tidak dapat memastikan pembelian apa saja yang sedang diselidiki.

Kementerian Pertahanan China tidak menanggapi permintaan komentar.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri mengatakan kepada para wartawan pada hari Jumat lalu bahwa ia tidak mengetahui situasi tersebut.

Jabatan Li sebagai menteri pertahanan dipandang sebagai jabatan yang sebagian besar bersifat diplomatik dan seremonial.

Namun, Jenderal Li merupakan salah satu dari lima anggota dewan negara China, sebuah jabatan di Kabinet yang melebihi menteri-menteri lainnya.

Dia juga memiliki peran yang lebih terbuka dibandingkan yang lain di Komisi Militer Pusat (CMC), badan pertahanan tertinggi China, yang dikomandoi oleh Xi.

Terlepas dari ketidakpastian ketidakhadiran Jenderal Li, para analis mengatakan bahwa mungkin China tidak akan kesulitan memilih pejabat militer senior yang dapat menggantikan peran Li sebagai menteri pertahanan.

Pertanyaan yang lebih besar adalah prioritas apa yang akan terus ditempatkan Beijing pada diplomasi militer Tiongkok di tengah ketegangan regional yang sedang berlangsung.

#kontantv #menhan #menteripertahanan #china #lishangfu

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved