Cermati sejumlah hal ini sebelum memilih saham IPO


Selasa, 08 Juni 2021 | 16:57 WIB | dilihat

Sejumlah perusahaan besar bersiap menggelar initial public offering (IPO). Pilihan saham pun semakin beragam.



Namun, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli saham pendatang baru.



Kepala Riset Yuanta Sekuritas Chandra Pasaribu mengatakan, fundamental perusahaan seharusnya menjadi perhatian utama bagi investor karena mencakup rencana bisnis dan pengembangan usaha yang dapat menambah nilai pemegang saham (shareholders value).



Chandra menegaskan, harga saham tidak sama dengan nilai perusahaan. Ini karena harga saham juga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan pasokan dari saham itu sendiri.



"Apakah distribusinya benar-benar ke tangan para investor, atau hanya kepada beberapa nominee, sehingga mudah untuk melakukan manipulasi harga," ujar Chandra kepada KONTAN, Senin (7/6)



Menurut Hendri Widiantoro Equity Research Coordinator Erdikha Elit Sekuritas, investor juga harus mencermati produk atau sumber pendapatan perusahaan tersebut.



Selain itu investor juga bisa memperhatikan bagaimana sistem manajemennya untuk memastikan perusahaan dikelola dengan baik.



Hendri menilai, entitas hasil merger Gojek dan Tokopedia, GoTo, bisa menjadi perusahaan dengan market cap nomor tiga di Indonesia. Ini tentunya cukup menarik jika melihat gross transaction value sekitar US$ 22 miliar.



IPO ini juga menjadi menarik karena berpotensi mengalahkan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) sebagai top market leader di bursa saham lokal.



#KontanTv #SahamIPO #SahamPendatangBaru



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved