Harga Emas Berhenti Terbang? Investor Perlu Berhati-hati! | KONTAN Harga Emas


Rabu, 11 Oktober 2023 | 10:04 WIB | dilihat
KONTAN - https://www.kontan.co.id/

Harga emas dunia sempat menanjak beberapa hari terakhir mencerminkan kekhawatiran pasar terhadap eskalasi konflik Palestina-Israel.

Maklum, selama ini emas dianggap sebagai harta teraman (safe haven) ketika kondisi dunia tidak menentu.

Jadi, ketika investor tidak bisa memprediksi arah market, mereka mengonversi aset menjadi emas. Itu sebabnya harga emas dunia beberapa hari terakhir menanjak.

Namun ketika konflik Palestina-Israel sementara ini tak menunjukkan kegawatan lebih lanjut, harga emas pun mulai melandai.

Seperti biasa, lonjakan harga emas beberapa waktu terakhir tentu memancing sebagian trader untuk mengambil keuntungan (profit taking).

Bisa jadi sebagian pelaku pasar juga mulai memindahkan kembali sebagian aset mereka dari emas ke aset-aset berisiko.

Geliat harga emas dunia itu juga tercermin pada harga emas di dalam negeri.

Harga emas Antam di Gerai Butik Emas tampak melandai dibanding sebelumnya. Hari ini, (11/10), harga emas Antam cuma naik Rp 1.000 per gram dari harga sebelumnya dari Rp 1.062.000 per gram menjadi Rp 1.063.000.

Harga emas buyback hari ini juga naik tipis Rp 1.000 per gram dibanding harga sebelumnya, menjadi Rp 941.000 per gram. Dengan demikian, selisih antara harga emas dan harga buyback hari ini masih Rp 122.000 per gram.

Investor emas sebaiknya berhati-hati menyikapi perkembangan ini. Jangan buru-buru mengambil keputusan karena investasi emas tergolong unik.

Selama ini Antam menetapkan dua macam harga emas batangan produksinya: harga emas dan harga beli kembali (buyback).

Harga emas hari ini yang tercantum di atas adalah harga yang berlaku ketika kita membeli emas Antam dari gerai Logam Mulia. Adapun harga emas buyback adalah harga yang berlaku ketika kita menjual emas kepada gerai Logam Mulia.

Sekadar ilustrasi, berikut ini kalkulasi potensi untung/rugi andaikata para investor emas lantakan pada beberapa kurun waktu.

Baca artikel lengkap di: http://investasi.kontan.co.id/news/harga-emas-hari-ini-ambrol-lagi-310-jangan-asal-borong-hati-hati
____________________________________________________

#kontan #kontantv #kontannews
#lmantam #logammuliaantam #logammuliamurni #hargaemas #hargaemashariini #emasantam #emas #logammualia #tambangemas #emasbatangan

Instagram: https://www.instagram.com/kontannews/
Facebook: https://www.facebook.com/kontannews/
Twitter: https://www.twitter.com/kontannews/

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved