Kapan Beli Elpiji 3 kg Harus Pakai MyPertamina?


Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:15 WIB | dilihat

Pemerintah mewacanakan untuk memberlakukan aturan pembelian elpiji 3 kilogram dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.



Hal ini mengacu pada pembatasan pembelian Pertalite dan Solar yang juga menggunakan aplikasi yang sama.



Seperti telah diberitakan sebelumnya, pembelian Pertalite dan Solar untuk kendaraan roda 4 wajib menggunakan aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli 2022.



"Penerapan MyPertamina untuk beli elpiji masih belum direalisasikan. Prinsipnya untuk elpiji tiga kilogram belum kita jalankan (pembelian menggunakan aplikasi MyPertamina)," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting.



Namun demikian, Irto bilang, identitas masyarakat yang berhak menerima elpiji subsidi 3 kg telah terdata secara manual.



Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo menambahkan, rencana penggunaan MyPertamina untuk pembelian elpiji 3 kg akan dilakukan untuk menekan konsumsi serta penyaluran komoditas itu akan lebih tepat sasaran.



"Untuk LPG sebetulnya sama kita minta juga untuk register (lewat aplikasi MyPertamina)," kata Mars Ega dilansir dari Kompas TV, Rabu (29/6).



Ia menjelaskan, pembelian elpiji 3 kg dengan MyPertamina sudah lebih dulu diuji coba, dibanding Pertalite, yaitu sejak Maret 2022



Basis data konsumen yang digunakan dalam program itu adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.



Saat ini, uji coba tersebut telah memasuki tahap 6.



Uji coba tersebut melibatkan 5 kota/kabupaten, 96 pangkalan, 18.307 keluarga penerima manfaat (KPM), dan waktu uji coba pekan ke-1 Juli sampai dengan pekan ke-4 Juli 2022.



Apabila pembelian elpiji 3 kg akan menggunakan aplikasi MyPertamina, masyarakat perlu mendaftarkan identitasnya di website MyPertamina.



Adapun, proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mengakses website subsiditepat.mypertamina.id.



Dokumen yang perlu dipersiapkan saat mendaftar antara lain KTP, alamat email, dan dokumen lain sebagai pendukung.



Jika seluruh syarat telah dipenuhi, masyarakat untuk melakukan konfirmasi ‘daftar sekarang’.



Pertamina menyampaikan, untuk kemudahan dan mengantisipasi kendala di lapangan, masyarakat akan menerima QR Code selain akses melalui aplikasi MyPertamina.



#MyPertamina #Elpiji3kg #Pertamina #Elpiji



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved