Ukraina Kehabisan Rudal untuk Setop Serangan Rusia ke Pembangkit Listrik | KONTAN News


Rabu, 17 April 2024 | 12:27 WIB | dilihat
KONTAN - https://www.kontan.co.id/

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan, kurangnya rudal pertahanan udara menghalangi Ukraina menggagalkan serangan rudal Rusia pada pekan lalu.

Serangan Rusia itu berhasil menghancurkan pembangkit listrik terbesar di wilayah sekitar ibu kota Kyiv.

Mengutip Reuters, pernyataan Zelenskiy mencerminkan situasi mengerikan yang dialami Ukraina ketika Rusia meningkatkan serangan terhadap sistem energinya.

“Ada 11 rudal yang terbang. Tujuh yang pertama kami hancurkan, dan empat (sisanya) menghancurkan Trypillia. Kenapa? Karena tidak ada lagi rudal. Kami kehabisan rudal untuk mempertahankan Trypillia.”

Demikian pernyataan Zelinsiy dalam wawancaranya dengan PBS.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen.

Zelenskiy sebelumnya telah memperingatkan bahwa Ukraina harus membuat pilihan sulit mengenai apa yang harus dilindungi.

Dia mengatakan negaranya bisa kehabisan rudal pertahanan jika serangan Rusia terus berlanjut.

Hancur akibat serangan 11 Maret, pembangkit listrik tenaga panas Trypilska adalah fasilitas energi terbesar di dekat Kyiv dan dibangun dengan kapasitas 1.800 megawatt.

Stasiun-stasiun listrik lain dan impor telah mengisi kesenjangan tersebut untuk saat ini, namun warga telah didesak untuk menghemat listrik.

Rusia telah meningkatkan serangan gabungan rudal dan drone yang menargetkan sistem jaringan listrik Ukraina sejak pertengahan Maret.

Ini adalah serangan kedua yang dilakukan Rusia terhadap sistem energi sejak pasukan Rusia menginvasi Ukraina lebih dari dua tahun lalu.

Serangan kali ini terbukti jauh lebih dahsyat dibandingkan serangan pertama.

Dalam serangan baru-baru ini, Ukraina kehilangan sekitar 7 gigawatt kapasitas pembangkit listrik, dan pembangkit listrik termal utama serta kemampuan transmisinya rusak parah.

Moskow mengatakan serangan tersebut ditujukan untuk menurunkan kemampuan Ukraina dalam berperang dan merupakan pembalasan atas serangan baru-baru ini di Rusia.

#kontantv #kontan #kontannews #ukraina #rusia #vladimirputin #volodymyrzelensky #presiden #rudal #perang #serangan #pembangkitlistrik
_____________________
Instagram: https://www.instagram.com/kontannews/
Facebook: https://www.facebook.com/kontannews/
Twitter: https://www.twitter.com/kontannews/

Video Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved