China Getol Latihan Militer, Taiwan Cemas Bakal Terjadi Bentrokan yang Tak Disengaja


Selasa, 26 September 2023 | 17:13 WIB | dilihat
Menteri Pertahanan Taiwan pada Sabtu (23/9/2023) menyatakan kecemasanya melihat aktivitas militer China yang meningkat yang bisa meningkatkan risiko bentrokan.

Taiwan menyebut dua minggu terakhir ada puluhan pesawat tempur China, drone, pembom, dan pesawat lainnya melintas. Ada juga kapal perang dan kapal induk China, Shandong, yang berlalulalang di sekitar Taiwan.

Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan kapal perang China telah beroperasi bersama di lepas pantai timur Taiwan.

China belum memberikan komentar soal latihan militer di sekitar Taiwan.

Juru bicara kementerian pertahanan Taiwan Sun Li-fang menambahkan bahwa pasukan Komando Timur Angkatan Laut China memiliki kekuatan menyerang dan melakukan simulasi pertempuran.

China beberapa bulan terakhir sering menunjukkan kekuatannya di lepas pantai timur Taiwan. Mereka secara umum menunjukkan kemampuannya untuk beroperasi lebih jauh dari garis pantai China sendiri.

Taiwan sering mengatakan bahwa mereka akan tetap tenang dan tidak akan memperburuk situasi menghadapi provokasi China ini.

Namun tidak akan membiarkan provokasi berulang dari China, yang pasukannya sejauh ini belum memasuki wilayah laut atau udara Taiwan.

#kontannews #china #taiwan #latihan #militer

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved