Xi Jinping Beri Dukungan Penuh kepada Putin Soal Kepentingan Keamanan I KONTAN News


Kamis, 19 Oktober 2023 | 15:15 WIB | dilihat
Presiden China Xi Jinping menegaskan kembali bahwa Tiongkok mendukung upaya Moskow dalam menjaga kedaulatan nasional, keamanan, dan kepentingan pembangunannya.

Mengutip Bloomberg, Xi mengatakan kepada Putin dalam pertemuan di Beijing bahwa memperdalam hubungan antara Tiongkok dan Rusia bukanlah solusi yang singkat, namun merupakan solusi jangka panjang.

"Tiongkok ingin bekerja sama dengan Moskow untuk memastikan keamanan pangan dan energi, dan ingin melihat kemajuan substansial dalam jaringan pipa gas alam antara kedua negara dan Mongolia sesegera mungkin."

Demikian kata Xi Jinping yang dikutip dari pernyataan resmi pemerintah China.

Pipa gas tersebut, yang dikenal sebagai Power of Siberia 2, dimaksudkan untuk menyalurkan pasokan dari ladang Gazprom di Yamal dan Siberia bagian barat ke Tiongkok melalui Mongolia.

Selama berbulan-bulan, pemerintah Rusia mengatakan pembicaraan dengan Tiongkok “dalam tahap akhir”.

Namun kemajuan nyata belum terlihat sampai saat ini.

Proyek tersebut, yang pembangunannya akan memakan waktu bertahun-tahun setelah disetujui, akan membantu meningkatkan total pengiriman gas Rusia ke Tiongkok.

Apalagi, Moskow membidik tetangga raksasanya di Asia untuk menggantikan Eropa sebagai pelanggan gas utamanya.

“Rusia memiliki pilihan terbatas karena ketergantungan ekonominya pada Tiongkok semakin dalam – meskipun Moskow memahami kesulitannya.”

Kata Philipp Ivanov, peneliti senior di Asia Society di New York.

Dia menambahkan, "Namun investasi Tiongkok di Rusia masih sangat kecil. Perusahaan-perusahaan Tiongkok mewaspadai risiko politik, sanksi sekunder, korupsi, dan ketidakpastian pasar Rusia secara keseluruhan.”

Sebelumnya, Putin juga tampak mendukung Xi terkait kebijakan Belt and Road Initiative.

Melansir Reuters, Putin menilai, Belt and Road Initiative alias Inisiatif Sabuk dan Jalan Tiongkok (BRI) sebagai keinginan untuk bekerja sama di arena global.

“Kami melihat bahwa beberapa orang menganggapnya sebagai upaya China untuk menghancurkan negara lain, tetapi kami tidak melihatnya seperti itu: kami hanya melihat keinginan untuk bekerja sama.”

Demikian yang disiarkan kantor berita Rusia RIA mengutip ucapan Putin pada Minggu (15/10/2023).

Putin juga menegaskan, ciri unik China dalam membangun hubungan dengan negara lain saat ini adalah tidak ada tekanan atau memaksakan apa pun pada siapa pun.

"Mereka hanya memberikan peluang", kata Putin seperti dikutip televisi pemerintah China di Moskow.

#kontantv #rusia #china #vladimirputin #xijinping #beltandroad

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved