Investor Mitratel (MTEL) tak sendiri, 36,59% emiten baru harga sahamnya di bawah IPO


Kamis, 25 November 2021 | 17:13 WIB | dilihat

Sejumlah IPO jumbo di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini rupanya belum memberikan keuntungan bagi investor yang membeli saham di harga perdana. 



Setelah sebelumnya investor saham BUKA atau Bukalapak yang masih merana, kini giliran investor saham Mitratel (MTEL) yang sementara terpaksa gigit jari.



Maklum, harga saham MTEL dan BUKA sampai saat ini masih berada di bawah harga IPO.



Meski demikian, investor Mitratel juga Bukalapak tak sendirian. Catatan KONTAN, per 24 November 2021, dari 41 emiten pendatang baru, setidaknya ada 15 emiten yang harga sahamnya masih di bawah harga IPO.



Data tersebut tentu belum memperhitungkan dua pendatang baru yang melantai di BEI Kamis (25/11), yaitu PT Catur Karda Depo Bangunan Tbk (DEPO) dan PT Perma Plasindo Tbk(BINO).



Seperti Mitratel dan Bukalapak, beberapa emiten pendatang baru tahun ini juga sukses meraup dana jumbo di atas Rp 1 triliun lewat hajatan IPO.



Misalnya saja PT Archi Indonesia Tbk (ARCI). Saat IPO Juni 2021, ARCI sukses meraup dana IPO sebesar Rp 2,79 triliun. 



Namun saham emiten pertambangan emas itu kini berada di Rp 585 per saham, jauh di bawah harga IPO yang ada di Rp 750 per saham.



Meski nilai IPO-nya tak sampai Rp 1 triliun, investor di beberapa emiten anyar yang punya fundamental ciamik, juga belum beruntung. Sebut saja PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU). 



Saat IPO Februari 2021, WMUU berhasil meraup dana investor sebesar Rp 349,41 miliar. Namun harga saham emiten poultry tersebut pada penutupan perdagangan Kamis (25/11) malah terpaku di Rp 171.



Sejauh ini jumlah emiten yang harga sahamnya saat ini lebih rendah ketimbang harga saat IPO memang lebih sedikit ketimbang total IPO, yakni sekitar 36,59%. 



Namun persentase ini menunjukkan, betapa investasi di saham IPO bisa jadi ngeri-ngeri sedap.



#KontanTv #emitenpendatangbaru #sahamIPO #emitenbaruhargasahamdibawahIPO



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved