Jaga Stabilitas, Bulog Jangan Berebut Beras di Pasar


Selasa, 27 September 2022 | 07:32 WIB | dilihat

Di tengah kondisi sulit karena banyak harga naik, tiba-tiba ada tambahan kabar buruk mengenai harga beras yang mulai merangkak.



Pengamat Pertanian Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori mengatakan, kenaikan harga beras saat musim gadu atau musim panen kedua menuju musim paceklik hingga panen raya merupakan hal yang normal.

Kenaikan harga beras atau gabah selalu mengikuti irama panen.



Dimana harga akan rendah saat panen raya, dan meningkat saat musim gadu, kemudian menjadi tinggi saat musim paceklik.



Menurutnya selama 2 tahun sampai 3 tahun terakhir harga beras atau gabah relatif stabil, baru terjadi inflasi di Agustus lalu.



Kenaikan harga beras ini selain masalah musim, diduga lantaran pemerintah memberikan fleksibilitas kepada Bulog untuk pengadaan beras.



"Pemberian fleksibilitas saat musim gadu itu menurut saya tidak tepat. Karena fleksibilitas itu kan sama saja dengan harga naik. Nah, harga baru inilah yang jadi dasar pelaku usaha membeli beras di pasar," jelas Khudori.



Jika menengok keterangan Bulog, stok saat ini ada sekitar 800.000 ton dan diharapkan akan ada tambahan pengadaan di musim gadu.



"Kalau harga gabah/beras sudah di atas HPP itu sinyal Bulog tidak perlu masuk pasar. Kalau masuk ke pasar, fungsi stabilisasi bakal rusak. Karena pada saat yang sama, Bulog juga melakukan operasi pasar untuk menekan harga. Pengadaan bersamaan dengan penyaluran itu jadi tidak jelas mana yang jadi fokus," jelas Khudori.



Khudori menyarankan agar kebijakan mengenai beras/gabah dapat memperhitungkan bagaimana realisasi serapan Bulog di bulan depan.



Pada dasarnya Ia tak mendukung adanya impor, lantaran survei cadangan beras oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis beberapa bulan lalu menunjukkan cadangan beras di berbagai tempat itu besar.



"Kalau pengadaan dari dalam negeri tidak mencukupi dengan apa pun alasannya ya bisa dibuka impor terbatas. Tapi ini sebaiknya ditunggu sampai realisasi pengadaan Oktober," tambah Khudori.



#HargaBeras #Bulog



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved