Perang Palestina Merembet ke Suriah I KONTAN News


Rabu, 01 November 2023 | 14:33 WIB | dilihat
Kabar terbaru, konflik Israel - Hamas meluas ke Suriah. Dalam pembaruan mengejutkan, utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Suriah, Geir Pedersen, melaporkan bahwa konflik Israel-Hamas telah merambah Suriah.

Kondisi ini jelas memperburuk keamanan di negara yang telah dilanda perang selama bertahun-tahun.

Suriah, yang telah mengalami dua belas tahun konflik yang berkelanjutan, kini menghadapi potensi eskalasi yang lebih luas.

Berbicara di depan Dewan Keamanan PBB, Pedersen menekankan potensi serius yang dihadapi oleh rakyat Suriah.

Selain dari kekerasan yang berasal dari konflik Suriah, rakyat Suriah kini menghadapi prospek yang mengerikan akibat serangan oleh Hamas ke Israel pada tanggal 7 Oktober dan aksi balasan yang berlangsung. Penyebaran ke Suriah bukan hanya sebuah risiko; itu sudah dimulai,' ungkap Pedersen, seperti dilaporkan oleh AP News.

Pedersen secara khusus menyoroti serangan udara militer Israel terhadap bandara Suriah di Aleppo dan Damaskus. Selain itu, militer Amerika Serikat telah menargetkan kelompok yang diduga didukung oleh Iran.

Kawasan ini saat ini dalam keadaan sangat berbahaya dan tegang. Bahan bakar telah ditambahkan ke dalam api yang sudah berkobar di Suriah, di mana kekerasan telah meningkat bahkan sebelum tanggal 7 Oktober.

Pedersen juga melaporkan bahwa jumlah warga Suriah yang terbunuh, terluka, dan mengungsi saat ini mencapai angka tertinggi sejak tahun 2020.

Selain itu, Pedersen mencatat peningkatan signifikan dalam operasi militer Turki di timur laut Suriah menyusul serangan terhadap fasilitas pemerintah Turki di Ankara. Operasi militer Turki ini bahkan menewaskan puluhan orang, merusak fasilitas kesehatan, sekolah, dan kamp, dan membuat lebih dari 120.000 warga sipil mengungsi.

#kontantv #palestina #hamas #israel #suriah #perang #konflik

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved