Tips untuk pemula ketika memulai investasi saham


Selasa, 17 November 2020 | 16:11 WIB | dilihat

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) per Maret 2019 telah tercatat sekitar 413 galeri investasi yang ada di beberapa universitas di Indonesia.



Co Founder emiten.com Vania Valencia David menyebutkan mahasiswa memiliki keinginan dan minat serius serta mendalam untuk berkecimpung di dunia pasar modal.



Kendati ilmu pasar modal diajarkan oleh dosen-dosen di kampus, ia menilai masih ada mahasiswa yang kesulitan serta tidak paham mengenai intisari dari berinvestasi saham.



“Pemberian mata kuliah pasar modal saja tidak cukup digunakan sebagai modal ketika berinvestasi saham, diperlukan praktik yang berkelanjutan dan pembelajaran tanpa batas agar investasi saham dapat memberikan keuntungan yang maksimal,” ujar Vania dalam keterangannya, Senin (16/11).



Rasa cepat menyerah ketika mengalami kegagalan saat berinvestasi terkadang menjadi tolak ukur mahasiswa takut untuk mencoba kembali dan belajar kembali.



Vania membagikan beberapa tips yang bisa diikuti oleh mahasiswa ketika memulai investasi saham.



1. Pilih saham blue chip, karena memiliki stabilitas dan likuiditas yang tinggi, produk perusahaan dan jajaran direksinya juga baik.



Saham blue chip memiliki kecenderungan untuk bertumbuh dalam jangka waktu yang

panjang, sehingga aman saat dibeli investor pemula.



2. Jadilah seorang investor dengan bertransaksi saham dalam jangka waktu yang panjang sehingga risiko yang ditanggung pun akan berkurang dibandingkan ketika bertransaksi dengan jangka pendek.



3. Tidak berhenti belajar. Semakin muda memulai berinvestasi, semakin banyak waktu yang tersedia untuk belajar.



4. Mengamati strategi analis dalam menganalisis. Penting untuk menguasai metode strategic thinking untuk membaca bagaimana cara berpikir seseorang membuat kita dapat memilih saham atau menganalisis saham secara mandiri dengan melihat pola seseorang dalam menganalisis.



#KontanTv #InvestasiSahamuntukPemula



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved