Ketegangan di LCS, China Tuding Filipina Bikin Masalah I KONTAN News


Sabtu, 25 November 2023 | 18:43 WIB | dilihat
Militer China pada hari Kamis (23/11) menuding Filipina sengaja menciptakan masalah di Laut China Selatan dengan meminta pasukan asing, termasuk militer AS, untuk berpatroli di perairan yang sensitif.

"Filipina mengerahkan pasukan dari wilayah tersebut untuk berpatroli, menimbulkan masalah dan terlibat dalam keributan, sehingga merusak perdamaian dan stabilitas regional," kata militer China dalam pernyataannya, dikutip Reuters.

Militer AS bergabung dengan militer Filipina dalam operasi patroli di perairan dekat Taiwan yang masih berselisih dengan China. Situasi ini meningkatkan kemungkinan ketegangan lebih lanjut dengan China.

"China telah memperjelas posisinya kepada Filipina dan AS bahwa patroli bersama Filipina-AS tidak boleh melemahkan kedaulatan teritorial, hak, dan kepentingan maritim China," kata juru bicara kementerian, Mao Ning.

Hubungan antara China dan Filipina semakin memanas, terutama setelah beberapa gesekan di Laut China Selatan.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. menunjukkan kecenderungan untuk mendekatkan diri lebih dekat dengan AS, berbeda dengan pendahulunya, Rodrigo Duterte, yang lebih memilih kerja sama dengan China.

Selama patroli berlangsung, Panglima Angkatan Bersenjata Filipina, Romeo Brawner, mengatakan bahwa kapal Angkatan Laut China membayangi tiga kapal perang AS dan Filipina.

Namun, Brawner memastikan tidak ada manuver berbahaya yang dilakukan.

#kontantv #china #filipina #lautchinaselatan

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved