Ahli virologi China punya bukti virus Covid-19 dibuat di laboratorium Wuhan


Senin, 14 September 2020 | 12:01 WIB | dilihat

Ahli virologi China, Dr. Li-Meng Yan Jumat lalu membuat pengakuan yang mengagetkan banyak pihak. Ia mengaku memiliki bukti ilmiah virus Covid-19 adalah buatan manusia di laboratorium di China.



Yan yang selama ini bersembunyi karena takut akan keselamatannya, mengeluarkan pernyataan tersebut selama wawancara di acara bincang-bincang di Inggris "Loose Woman".



"Virus itu berasal dari laboratorium di Wuhan dan laboratorium tersebut dikendalikan oleh pemerintah China,” ujarnya.



Yan pun mengungkapkan laporan di tahun lalu yang mengatakan virus berasal dari pasar basah di Wuhan, China, bertujuan untuk menyamarkan isu. 



"Hal pertama adalah pasar (daging) di Wuhan ... adalah penyamaran isu dan virus ini bukan dari alam," kata Yan seperti yang dikutip dari New York Post.



Dia juga mengatakan mantan pengawasnya di Sekolah Kesehatan Masyarakat Hong Kong, sebuah laboratorium rujukan untuk WHO membungkamnya ketika dia mengeluarkan peringatan tentang penularan dari manusia ke manusia pada Desember tahun lalu.



Pada bulan April, Yan dilaporkan melarikan diri dari Hong Kong ke Amerika. “Mereka sudah menghapus semua informasi tentang saya," jelasnya.



Sekarang, dia berencana untuk merilis bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa virus itu dibuat di laboratorium di Wuhan.

“Urutan genom seperti sidik jari manusia. Jadi berdasarkan ini Anda dapat mengidentifikasikannya. Saya menggunakan bukti," jelasnya.



Sementara itu Yuan Zhiming, direktur Institut Virologi Wuhan membantah laporan virus itu secara tidak sengaja menyebar dari fasilitasnya.



“Tidak mungkin virus ini berasal dari kami,” kata Zhiming kepada media pemerintah pada bulan April.



#KontanTv #VirusCovid-19BuatanManusia #LaboratoriumWuhan



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved