3 Pendapat Jenius Warren Buffett Tentang Emas I KONTAN News


Selasa, 17 Oktober 2023 | 21:20 WIB | dilihat
Pendapat Warren Buffett tentang emas menarik dicermati.

Banyak yang penasaran, apakah Warren Buffett berinvestasi dalam emas atau malah sebaliknya.

Asal tahu saja, Warren Buffett dikenal tidak tertarik dengan investasi emas.

Lantas, bagaimana sebenarnya pendapat Warren Buffett tentang emas tersebut?

1. “Emas…memiliki dua kekurangan yang signifikan”

“Emas mempunyai dua kekurangan yang signifikan, yaitu tidak banyak berguna dan tidak produktif. Benar, emas mempunyai kegunaan industri dan dekoratif, namun permintaan untuk tujuan ini terbatas dan tidak mampu menyerap produksi baru. Sementara itu, jika Anda memiliki satu ons emas untuk selamanya, Anda akan tetap memiliki satu ons emas pada akhirnya”

— Buffett, surat kepada pemegang saham, 2011

Surat Buffett kepada para pemegang saham pada tahun 2011 mencakup diskusi yang cukup panjang mengenai emas.

Dalam suratnya, Buffett menjabarkan tiga jenis investasi, menempatkan emas pada kategori kedua, yang melibatkan “aset yang tidak akan pernah menghasilkan apa pun.”

Pembeli membeli aset-aset ini, menurut Buffett, dengan harapan orang lain akan membayar lebih untuk aset tersebut di masa depan.


2. “Ia tidak akan melakukan apa pun… kecuali melihat Anda”

“Saya tidak memiliki pandangan mengenai di mana (emas) akan berada (dalam lima tahun ke depan), tetapi satu hal yang dapat saya katakan kepada Anda adalah emas tidak akan berpengaruh apa pun kecuali melihat Anda”

— Buffett, Squawk Box CNBC, 2009

Sebagian besar hal lain yang dikatakan Buffett tentang emas berkaitan dengan dua kegagalan yang ia sebutkan dalam suratnya kepada pemegang saham pada tahun 2011.

Yakni, kurangnya kegunaan logam tersebut dan fakta bahwa logam tersebut tidak produktif.

Hal ini berbeda dengan saham-saham seperti Coca-Cola dan Wells Fargo, yang menurut Buffett akan menghasilkan uang, dan banyak lagi.

3. “Emas adalah cara untuk menahan rasa takut”

“(Dengan) aset seperti emas, misalnya, tahukah Anda, pada dasarnya emas adalah cara untuk mengambil posisi beli dalam ketakutan, dan itu merupakan cara yang cukup bagus untuk mengambil posisi lama dalam rasa takut dari waktu ke waktu. Namun kita benar-benar harus berharap bahwa orang-orang akan menjadi lebih takut dalam satu atau dua tahun ke depan dibandingkan sekarang. Dan jika mereka semakin takut, Anda menghasilkan uang, jika rasa takut mereka berkurang, Anda akan kehilangan uang. Tapi emas itu sendiri tidak menghasilkan apa-apa”

— Buffett, Squawk Box CNBC, 2011

Buffett juga telah berbicara cukup banyak mengenai keyakinannya bahwa orang yang membeli emas pada dasarnya bertaruh pada rasa takut.

Kutipan di atas berasal dari episode Squawk Box CNBC tahun 2011, namun dia juga mengemukakan gagasan ini dalam suratnya tahun 2011 kepada pemegang saham.

“Apa yang memotivasi sebagian besar pembeli emas adalah keyakinan mereka bahwa jumlah orang yang merasa takut akan bertambah,” katanya dalam surat itu.

#kontantv #warrenbuffet #emas #investasi

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved