Jangan keliru, perbedaan flu biasa dan COVID-19


Senin, 23 November 2020 | 03:47 WIB | dilihat

Mengingat penyebaran virus corona (SARS-CoV-2) yang masih belum terkendali, penting untuk mengetahui perbedaan flu biasa dan COVID-19 agar pencegahan bisa lebih cepat dilakukan.



Secara umum, baik flu biasa maupun COVID-19 memiliki gejala yang cukup mirip. Mulai dari sakit tenggorokan, demam, batuk, sesak napas, sakit kepala, hingga merasa kelelahan.



Perbedaan flu biasa dan COVID-19 yang paling utama adalah, orang dengan flu akan merasakan gejala atau sakit di beberapa bagian pada minggu pertama. Sementara penderita COVID-19 baru akan merasa sakit di minggu kedua atau bahkan ketiga.



Orang yang terserang COVID-19 juga akan merasakan sakit atau gejala yang lebih lama daripada orang yang terserang flu biasa.



Perbedaan berikutnya adalah, penderita COVID-19 akan mengalami penurunan fungsi indera pengecap dan indera penciuman. Penderita akan sulit mencium bau serta merasakan makanan yang selanjutnya kehilangan nafsu makan.



Walaupun begitu, AP mengungkap bahwa gejala tersebut tidak dirasakan oleh semua penderita. Jadi ini bukan indikator pasti dari COVID-19.



Perbedaan lainnya ada pada masa inkubasi si virus. Flu biasa memiliki masa inkubasi yang lebih pendek. Sementara virus corona membutuhkan masa inkubasi hingga 14 hari.



Rata-rata, COVID-19 lebih menular daripada flu biasa. Baik flu biasa maupun COVID-19 menyebar melalui tetesan (droplets) dari hidung dan mulut.



#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved