Menteri Ekonomi Jerman: Tarif Uni Eropa Atas China Bukan Hukuman | KONTAN News


Senin, 24 Juni 2024 | 11:50 WIB | dilihat
KONTAN - https://www.kontan.co.id/

Pada Sabtu (22/6/2024), Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck mengatakan kepada para pejabat Tiongkok di Beijing bahwa usulan tarif Uni Eropa terhadap barang-barang China bukanlah sebuah "hukuman".

Mengutip Reuters, kunjungan Habeck ke China merupakan yang pertama yang dilakukan pejabat senior Eropa sejak Brussels mengusulkan bea masuk yang besar terhadap impor kendaraan listrik China.

Tarif tersebut untuk memerangi apa yang dianggap Uni Eropa sebagai subsidi berlebihan pada kendaraan listrik.

Sebelum kedatangannya, China memperingatkan pada hari Jumat bahwa meningkatnya perselisihan dengan Uni Eropa mengenai kendaraan listrik dapat memicu perang dagang.

“Penting untuk dipahami bahwa ini bukanlah tarif yang bersifat menghukum,” kata Habeck pada sesi pleno pertama dialog iklim dan transformasi.

Habeck mengatakan bahwa selama sembilan bulan, Komisi Eropa telah memeriksa dengan sangat rinci apakah perusahaan Tiongkok mendapat keuntungan yang tidak adil dari subsidi.

Tindakan balasan apa pun yang dihasilkan dari tinjauan Uni Eropa bukanlah sebuah hukuman.

Dia menambahkan bahwa tindakan tersebut dimaksudkan untuk mengkompensasi keuntungan yang diberikan Beijing kepada perusahaan-perusahaan China.

“Standar umum dan setara dalam akses pasar harus dicapai,” kata Habeck.

Saat bertemu dengan Zheng Shanjie, ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China, Habeck mengatakan usulan tarif UE dimaksudkan untuk menyamakan kedudukan dengan China.

Zheng menanggapinya dengan mengatakan usulan bea masuk UE terhadap kendaraan listrik buatan China akan merugikan kedua belah pihak.

#kontantv #kontannews #kontan #jerman #china #unieropa #mobillistrik #kendaraanlistrik
_____________________
Instagram: https://www.instagram.com/kontannews/
Facebook: https://www.facebook.com/kontannews/
Twitter: https://www.twitter.com/kontannews/

Video Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved