Bukan Indonesia Pabrikan Mobil Jepang Pilih Investasi Mobil Listrik (EV) di Thailand | Kontan News


Rabu, 27 Desember 2023 | 09:37 WIB | dilihat
Pabrikan mobil terkemuka asal Jepang dikabarkan memilih Thailand ketimbang Indonesia untuk mengembangkan investasi produk kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV).

Thailand mengumumkan empat pabrikan otomotif ternama Jepang akan berinvestasi sebesar 150 miliar baht atau setara dengan 4,34 miliar dollar Amerika Serikat, di Thailand selama lima tahun mendatang.

Rencana investasi EV oleh pabrikan otomotif Jepang ini diumumkan oleh Chai Wacharoke, juru bicara pemerintah Thailand pada hari Senin (25/12).

Ia menyebut investasi EV ini sebagai dukungan terhadap upaya negara Asia Tenggara tersebut dalam beralih ke produksi kendaraan listrik.

Menurut pernyataan Chai Wacharoke, juru bicara tersebut, Toyota Motor dan Honda Motor masing-masing akan berinvestasi sekitar 50 miliar baht.

Sementara Isuzu Motors dan Mitsubishi Motors akan berkontribusi investasi dengan nilai masing-masing 30 miliar baht dan 20 miliar baht. Investasi ini juga mencakup produksi kendaraan jenis truk pikap listrik.

Toyota Motor 50 miliar baht
Honda Motor 50 miliar baht
Isuzu Motors 30 miliar baht
Mitsubishi Motors 20 miliar baht

Meskipun ekonomi Thailand terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia, Thailand merupakan produsen dan eksportir mobil terbesar di wilayah Asia Tenggara.

Hanya saja Toyota, Honda, Isuzu, dan Mitsubishi hingga saat ini belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar terkait investasi ini oleh kantor berita reuters.

Thailand memiliki target mengubah sepertiga dari produksi mobil tahunan yang mencapai 2,5 juta kendaraan menjadi kendaraan listrik pada 2030. Mereka menyiapkan insentif untuk mendorong lebih banyak investasi dan konversi ke produksi kendaraan listrik.

Sebelumnya, pemotongan pajak dan subsidi yang diberlakukan oleh Thailand telah berhasil menarik sejumlah besar produsen mobil asal China, termasuk BYD dan Great Wall Motor, yang telah berkomitmen untuk berinvestasi sebesar US$ 1,44 miliar dalam fasilitas produksi baru di negara tersebut.

#kontantv #mobillistrik #electricvehicle #thailand #jepang #investasi

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved