The Fed Agresif, Bank Indonesia Menahan Suku Bunga


Kamis, 23 Juni 2022 | 13:19 WIB | dilihat

Bank Indonesia (BI) masih mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 3,5% atau di level terendahnya, dalam Rapat Dewan Gubernur BI Juni 2022.



Selain menahan suku bunga acuan, bank sentral juga menahan suku bunga deposit facility sebesar di level 2,75% dan suku bunga lending facility di level 4,25%.



Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keputusan ini sejalan dengan perlunya BI dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan tingkat inflasi.



“Serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, di tengah tingginya tekanan eksternal terkait meningkatnya risiko stagflasi di berbagai negara,” kata Perry, Kamis (23/6) dalam pembacaan hasil RDG BI Juni 2022 secara daring.



Bahkan, Perry membaca ketidakpastian ekonomi global ini masih akan tinggi ke depannya. Hal ini seiring makin meningkatnya risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan inflasi global, termasuk sebagai akibat makin luasnya kebijakan proteksionisme terutama pangan yang ditempuh berbagai negara.



Dengan demikian, Perry mengaku BI akan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk tetap menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia lebih berdaya.



#BankIndonesia #SukuBungaAcuan #TheFED



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved