Berapa lama tubuh kebal virus corona setelah sembuh dari Covid-19?


Jumat, 20 November 2020 | 13:32 WIB | dilihat

Kekebalan tubuh terhadap virus corona tercipta setelah pasien sembuh dari Covid-19. Hanya saja, kekebalan tubuh dari virus corona hanya berlangsung sementara.



Sebuah studi yang dipublikasikan secara online di bioRxiv.org Kamis (5/11) mengungkap, imunitas terhadap SARS-COV-2 dapat bertahan enam bulan atau lebih setelah orang pulih dari infeksi.



Kesimpulan ini muncul setelah para peneliti mengumpulkan sampel darah dari 149 penyintas Covid-19 di awal pandemi.



Mereka menganalisis untuk mengetahui sel-sel kekebalan yang membuat antibodi dapat menghalangi virus corona memasuki kembali ke dalam sel. Satu bulan setelah infeksi, semua penyintas memiliki antibodi penangkal virus corona.



"Kabar baiknya adalah bahwa orang yang terinfeksi sangat kecil kemungkinannya untuk menjadi sakit lagi, setidaknya selama enam bulan," kata salah satu penulis studi, yang merupakan ahli imunologi di The Rockefeller University, New York City, Dr Michel Nussenzweig.



Mengingat, tingkat antibodi penyintas Covid-19 umumnya rendah, hadirnya kekebalan tubuh di begitu banyak penyintas yang pulih merupakan tanda positif untuk mengembangkan vaksin.



"Ide kami adalah jika kami dapat menemukan antibodi penawar seperti itu, kami akan tahu bagian mana dari vaksin virus yang harus ditargetkan," ungkap Nussenzweig.



Walau antibodi kita mampu menciptakan kekebalan sementara terhadap virus corona, tentu lebih baik untuk menghindar tertular Covid-19. Jadi tetap disiplin dengan protokol kesehatan 3 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.



#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved