Ahok: Harusnya Kementerian BUMN dibubarkan


Rabu, 16 September 2020 | 14:10 WIB | dilihat

Basuki Tjahaja Purnama mengajukan usulan agar Kementerian BUMN dibubarkan. Menurutnya, banyak tata kelola perusahaan negara selama ini tidak efisien.



Pria yang kerap disapa Ahok ini menuturkan, tata kelola yang buruk, juga dirasakannya langsung setelah masuk dalam lingkaran BUMN, atau setelah ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).



Dia mengusulkan, ratusan BUMN yang ada saat ini lebih baik dikelola secara profesional dan jauh dari kepentingan politis, seperti yang dilakukan pemerintah Singapura dengan membentuk Temasek.



"Harusnya Kementerian BUMN dibubarkan. Kita membangun semacam Temasek, semacam Indonesia Incorporation," ucap Ahok seperti dikutip dari tayangan yang diunggah akun Youtube POIN dilihat pada Rabu (16/9).



Dia mencontohkan, jabatan direksi maupun komisaris di Pertamina sangat kental dengan lobi-lobi politis dan bagi-bagi jabatan.



Banyak praktik tata kelola Pertamina yang menurutnya sangat tidak efisien. Ahok menyinggung soal gaji di Pertamina yang menurutnya tidak masuk akal dalam pengelolaan perusahaan.



Ia pun sering mendapati pejabat Pertamina masih menerima fasilitas gaji besar meskipun jelas-jelas sudah dicopot.



“Kan saya ditaruh di sini untuk menyelamatkan uang Pertamina. Ya sudah, saya akan berupaya untuk lakukan,” ucapnya.



#KontanTv #KementerianBUMN #Pertamina



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved