Harga bitcoin anjlok, Elon Musk kehilangan gelar orang terkaya


Rabu, 24 Februari 2021 | 10:44 WIB | dilihat

Bos Tesla Elon Musk telah kehilangan gelarnya sebagai orang terkaya di dunia setelah harga saham produsen mobil listrik itu merosot baru-baru ini.



Saham Tesla anjlok lebih dari 20% sejak mencapai level tertinggi yang mencapai US$ 880 lebih pada awal Januari.



Pada pekan ini, harga saham Tesla mengalami penurunan yang sangat tajam, terkait dengan investasi berisiko senilai US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21,1 triliun baru-baru ini dalam aset bitcoin.



Penurunan harga saham Tesla mengembalikan bos Amazon Jeff Bezos ke posisi teratas di daftar orang terkaya dunia.



Menurut Dan Ives analis Wedbush Securities, penurunan harga saham Tesla dikaitkan dengan investasi Elon di bitcoin yang terkenal mudah berubah. Harga Bitcoin memang tengah turun tajam dalam beberapa hari terakhir.



Akibatnya beberapa investor Tesla terdorong menjual saham mereka, walau mungkin Tesla tidak dirugikan langsung oleh penurunan harga Bitcoin.



"Musk dan Tesla secara agresif merangkul bitcoin. Investor pun mulai mengikat Bitcoin dan Tesla," katanya seperti dilansir BBC.



"Aksi jual selama 48 jam baru-baru ini terhadap bitcoin dan peningkatan volatilitas telah mendorong beberapa investor keluar dalam waktu dekat," tambah Ives.



Nilai bitcoin melonjak hampir 50% dalam beberapa minggu setelah Tesla mengungkapkan membeli mata uang kripto tesebut senilai US$ 1,5 miliar dan berencana untuk menerimanya sebagai pembayaran.



Akan tetapi, sejak harganya naik ke atas level US$ 57.000 pada hari Minggu, cryptocurrency telah turun hampir 20%. Harga bitcoin diperdagangkan kurang dari US$ 48.000 pada hari Selasa (23/2). Meski demikian, harga tersebut masih lebih tinggi daripada ketika Tesla mengungkapkan investasinya.



Sentimen lain yang juga menekan harga bitcoin adalah pernyataan Menteri Keuangan AS Janet Yellen, yang menyuarakan peringatan tentang bitcoin pada hari Senin. Dia menyebutnya sebagai cara yang sangat tidak efisien dalam melakukan transaksi.



#KontanTv #ElonMusk #Tesla #HargaBitcoinAnjlok



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved