Pengembang Properti Bersiap Cuci Gudang Tahun Ini


Rabu, 03 Maret 2021 | 16:20 WIB | dilihat

Sejumlah pengembang properti siap mengalap berkah dari stimulus pajak properti.



Pengembang yang berpotensi meraup untung adalah mereka yang mencatatkan persediaan atau aset properti siap jual berlimpah.



Awal pekan ini, Kementerian Keuangan menerbitkan PMK 21/2021 yang berisi insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) untuk harga rumah tapak dan rumah susun hingga Rp 5 miliar.



Perinciannya, insentif 100% PPN untuk harga properti di bawah Rp 2 miliar, serta 50% PPN untuk harga properti di atas Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar.



Ada sejumlah kriteria lain untuk meraih insentif tersebut, di antaranya produk rumah tapak dan rumah susun tersebut merupakan produk baru yang diserahkan dalam kondisi siap huni.



Bagi pengembang yang memiliki produk ready stock, berpotensi mencatatkan peningkatan penjualan.



Berdasarkan catatan KONTAN, sejumlah emiten properti memiliki persediaan yang nilainya cukup besar.



Ciputra, misalnya, memiliki persediaan properti senilai Rp 11,25 triliun, per 30 September 2020. Persediaan yang dimaksud adalah properti yang diperoleh atau yang sedang dalam penyelesaian untuk dijual dalam kegiatan usaha normal.



Bumi Serpong Damai mencatatkan persediaan Rp 4,81 triliun dan PWON Rp 4,25 triliun. Bahkan PP Properti memiliki persediaan realti mencapai hingga Rp 5,51 triliun.



Direktur Utama PPRO Sinur Linda Gustina mengatakan, insentif PPN menjadi pemacu tambahan pertumbuhan sektor properti, setelah sebelumnya otoritas memberikan insentif berupa Loan to Value (LTV) kredit properti 100%.



Head of Research & Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus berpendapat, insentif untuk rumah siap huni terbilang lazim dan pilihan kebijakan yang logis. Ibarat departement store, kata dia, sektor properti pun perlu melakukan semacam cuci gudang.



Meski ada batasan periode insentif hingga Agustus 2021, dia menilai insentif ini membawa prospek positif di tengah pemulihan ekonomi.



#KONTANTV #InsentifProperti #InsentifPajakProperti



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved