Nasihat Warren Buffett Menghadapi Inflasi yang Gila-gilaan


Rabu, 22 Juni 2022 | 15:03 WIB | dilihat

Pada tahun lalu, bisnis di seluruh dunia mulai menaikkan harga dengan kecepatan yang tidak pernah terlihat dalam beberapa dekade. Di antara ekonomi utama, Amerika menjadi salah satu negara yang terkena dampak terburuk.



Melansir BBC, tingkat inflasi di Amerika melonjak 4,7% tahun lalu untuk basis tahunan. Menurut Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), angka ini lebih cepat daripada negara lain di negara maju Kelompok Tujuh (G7). Di Inggris, misalnya, inflasi hanya 2,5%.



Warren Buffett dan Charlie Munger sama-sama berbicara negatif tentang keadaan ekonomi akibat inflasi dan bagaimana hal itu sebagian besar merupakan akibat dari kebijakan fiskal dan moneter yang longgar.



Kebijakan ini secara artifisial meningkatkan permintaan dan secara efektif menyebabkan ketidakseimbangan penawaran/permintaan. Obatnya adalah mencoba menaikkan harga dan menurunkan permintaan.



Dan sekarang, obatnya tampaknya menaikkan suku bunga untuk mencoba dan mengurangi permintaan.



Namun, Buffett dan Munger memandang inflasi sebagai konsekuensi yang diperlukan untuk mengeluarkan AS dari apa yang bisa menjadi depresi akibat COVID-19.



Selain itu, mengutip CNBC, berbicara pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway 2022, Buffett mengulangi nasihatnya yang telah lama dipegangnya. Yakni, salah satu perlindungan terkuat terhadap inflasi adalah mempertajam keterampilan Anda dan bekerja untuk menjadi yang terbaik di bidang Anda.



Dia menambahkan, “Investasi terbaik sejauh ini adalah apa pun yang mengembangkan diri Anda sendiri, dan tidak dikenakan pajak sama sekali.”



Pada saat itu, Buffett juga mengatakan hal terbaik berikutnya yang dapat dilakukan seseorang adalah berinvestasi dalam “bisnis yang luar biasa” yang membuat produk yang diminati terlepas dari kinerja dolar.



Dia menggunakan perusahaan seperti Cola-Cola sebagai contoh, mengatakan bahwa orang akan tetap menginginkan soda favoritnya beberapa dekade dari sekarang, dengan inflasi tidak berperan dalam keputusan mereka.



#WarrenBuffett #InflasiAmerika #CharlieMunger



Video Terkait
Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved