Rusia Bakal Perkuat Hubungan dengan Korea Utara di Segala Bidang I KONTAN News


Sabtu, 28 Oktober 2023 | 11:51 WIB | dilihat
Pada Kamis, tanggal 26 Oktober 2023, Rusia mengumumkan niat mereka untuk memperkuat hubungan dengan Korea Utara di semua sektor.

Pernyataan ini muncul sehari setelah Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat mengutuk dugaan aksi Korea Utara yang diduga memasok senjata ke Rusia.

Menanggapi tuduhan dari ketiga negara tersebut, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, dengan tegas menyatakan bahwa laporan tersebut tidak memiliki dasar dan detail yang kuat.

Menurutnya, tuduhan semacam ini sudah beredar sejak lama, dan Rusia tidak melihat alasan untuk mengomentari tuduhan tersebut.

Dmitry Peskov juga menekankan bahwa Korea Utara adalah tetangga Rusia, dan mereka akan terus mengembangkan hubungan erat di semua bidang.

Perlu diingat bahwa pada bulan September sebelumnya, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, bertemu di Rusia.

Pertemuan ini membahas berbagai isu, termasuk masalah militer, situasi perang di Ukraina, dan kemungkinan bantuan Rusia untuk program satelit rahasia Korea Utara.

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya telah menyuarakan keprihatinan bahwa Kim Jong Un dapat memberikan senjata dan amunisi kepada Rusia, terutama dalam konteks kekurangan persediaan senjata yang dialami Rusia selama konflik berkepanjangan di Ukraina.

Selain itu, Korea Utara mengecam pernyataan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, yang mengkritik kerja sama antara Korea Utara dan Rusia. Korea Utara berpendapat bahwa kerja sama ini adalah hal yang wajar antara tetangga untuk menjaga hubungan dekat.

Yoon, yang berbicara di Majelis Umum PBB, mengkhawatirkan bahwa jika Rusia membantu Korea Utara dalam meningkatkan program senjatanya sebagai imbalan atas bantuan perang di Ukraina, hal ini akan menjadi provokasi langsung bagi dunia.

Korea Utara juga menuduh Yoon bertindak sebagai corong suara bagi Amerika Serikat, dan mereka menegaskan bahwa menjaga hubungan dekat antara negara-negara tetangga adalah praktik yang wajar dan tidak patut dipertanyakan.

#kontantv #rusia #korut #kerjasama #vladimirputin #kimjongun #amerika

Video Terkait

Berita Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved