Tambah Trainset Baru, PT KAI Usulkan PMN 2025 Sebesar Rp 1,8 Triliun | KONTAN News


Rabu, 10 Juli 2024 | 16:10 WIB | dilihat
KONTAN - https://www.kontan.co.id/

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengusulkan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 1,8 Triliun untuk tahun anggaran 2025.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT KAI Salusra Wijaya mengatakan, kebutuhan anggaran ini untuk mendukung peremajaan aset dan pengadaan aset kereta baru. Salah satunya, untuk memenuhi kebutuhan trainset armada Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek.

"Nah sekarang yang terjadi ini cadangan juga sudah habis terpakai karena beberapa kereta sudah enggak bisa difungsikan, jadi safety, security maupun pelayanan kita sekarang sangat berbeda sekali sehingga ini benar-benar sifatnya urgent untuk penggantian kereta, penggantian dan penambahan kereta," kata Salusra dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (9/10).

Merujuk data PT KAI, tren peningkatan jumlah penumpang KRL Jabodetabek terus mengalami peningkatan pasca Pandemi Covid-19. Setidaknya, pada periode Juni 2024, PT KAI mencatat adanya lonjakan penumpang sebanyak dua kali lipat dalam sepekan yang mencapai lebih dari 1 juta penumpang.

Dari proyeksi yang ada, volume penumpang diperkirakan meningkat hingga 24% setara 410 juta penumpang pada 2027 mendatang. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan pun menargetkan 2 juta penumpang per hari yang dapat dilayani atau meningkat dari angka saat ini sekitar 1 juta hingga 1,1 juta penumpang per hari. Jika tidak dilakukan pengadaan sarana maka diperkirakan tingkat okupansi saat peak hour ditahun 2027 mencapai 242%.

#kontan #kontantv #kontannews
#Kereta #Mudik #KRL #KAI

Instagram: https://www.instagram.com/kontannews/
Facebook: https://www.facebook.com/kontannews/
Twitter: https://www.twitter.com/kontannews/

Video Terkait

Video Lainnya
Logo Kontan
2018 © Kontan.co.id All rights reserved